Skip navigation

PUJATI (Pusat Jajan Pati)
Di dekat Pasar Puri kita akan menemukan pusat jajan serba ada. Ada sekitar 20 kios yang berjualan di area parkir Gedung Olahraga Pati. Makanan yang dijual pun sangat beragam, dari aneka soto sampai makanan hasil laut. Pusat jajan ini buka dari pukul 15.00 sampai dengan pukul 01.00. Juga di sediakan tenda tenda bagi yang ingin makan di luar kios .

SOTO AYAM KEMIRI
Salah satu penjual soto ayam kemiri adalah Bpk. Parman. Ia mulai menjual soto sejak tahun 1977 secara berkeliling, tetapi mulai tahun 1995, Parman mulai menetap. Soto ayam ini berasal dari desa Kemiri, sebelah timur Pati. Para pedagang soto ayam lainnya pun kebanyakan dari desa kemiri. Dalam sehari berjualan. Parman bisa meghabiskan sekitar 15 ekor ayam.

Warung soto ini buka dari pukul 16.00 sampai pukul 22.00. Soto buatan Parman memang lezat. Keharumannya pun khas sekali karena masih dimasak dengan kayu bakar. Ini memang ciri khas penjual soto kemiri, katanya. Soto kemiri tidak berbeda dari soto ayam lainnya hanya menggunakan kemiri dan kencur. Rasanya hangat dan gurih.

SATE KELINCI
Ingin makan sate kelinci khas Pati? Singgahlah di Jl. Soedirman, tepatnya di depan Kantor Kejaksaan. Mas Acil, nama penjualnya yang juga kebetulan pegawai di kantor kejaksaan.

Acil baru memulai usaha sejak 2 tahun yang lalu. Rasa sate yang dijual adalah penggabungan resep sate kelinci dari banyak penjual sate kelinci lainnya. Berkat keahliannya dalam menggabungkan dan menambah rasa, kini sate kelinci yang dijual Acil ini jadi makanan alternatif yang banyak dicari oleh orang orang.

Buka dari pukul 16.00 sampai sehabisnya. Selama waktu itu ia bisa menghabiskan 14 ekor kelinci. Satu kelinci bisa jadi 40 tusuk. Perporsinya harganya Rp 6.000. Bukan cuma sate yang dijual di warung yang berpegawai 5 orang ini. Mereka juga menyediakan sop tulang kelinci dan asem asem. Karena saking banyaknya pembeli dan permintaan, Acil juga membuka cabang di Jl. Kolonel Sunandar. Kelinci yang digunakan Acil langsung dari kelinci yang diternak sendiri. Saya tertarik menjual sate kelinci , kan, karena semula memang beternak kelinci, ucapnya.

Konon daging kelinci bisa menyembuhkan penyakit lever, kuning, dan banyak penyakit lainnya. Buktinya, Ada pembeli yang sekarang jadi pelanggan tetap karena merasa sembuh dari penyakit lever setelah makan sate kelinci buatan Acil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: